Hari-Hari Terakhir M.Natsir

Hari-Hari Terakhir M.Natsir

Ahmad Darojul Ali
Dosen UIC, Jakarta 

Satu tahun saya di Jakarta tahun 1990 - 1991.
Saya bisa  berkunjung ke Dewan Dakwah, Jl.  Kramat, no 45. Teman-teman saya banyak yang kuliah di kramat 45 namanya LPDI ketika itu.

Nama M.Natsir sudah tidak asing lagi bagi saya.
Sebab sejak SD, ayah dan ibu di kampung sering cerita M.Natsir menjelang tidur.
Bahkan ketika itu tahun 1980 saya usia SD usul ke Pengurus Ranting Muhammadiyah untuk menghadirkan M.Natsir di Masjid Al Fadilah desa Pojok, Wates, Kediri, Jatim.

Di Jakarta, saya ke Dewan Dakwah memandang M.Natzir duduk di kantornya, lantai bawah, sedang menulis seriaus. Terlihat dari pintu jendela kantornya.

Setelah situasi politik berubah total, M. Natsir terjun ke DPR sepertinya jutaan manusia mengiringinya dalam barisan PPP.
Dalam hal ini saya melihat M.Natsir ingin menunjukkan pentingnya Partai Islam.

Saya cukup bahagia bisa melihat M. Natsir walau melalui pintu jendela pada waktu itu.
Dan beliau faham ada yang lihat, karena sesekali beliau memutar duduknya seakan mau manggil saya.


Terdengar kabar beliau sakit cukup parah di RS. Cipto Mangunkusumo, Jakarta.
Dan benar beliau dipanggil Allah dengan tenang.

Kami siap siaga dari kampus UIC Jl. Pemuda menuju kramat 45.
Ternyata di Masjid Alfurqon sudah ada Rektor UIC dan para pembantunya.

Setelah disholatkan dengan hidmat dan tak lepas para ta'ziah terlihat tetesan air mata tak terbendung.

Kami ikut antar jenazah beliau ke pemakaman Tanah Kusir, Jakarta.
Waktu itu hujan lebat.
Di pemakaman Tanah Kusir, sudah berdiri tegak tenda luas di atas pemakaman.
Saya lihat tokoh-tokoh nasional.
Dr. Anwar Haryono, Husein Umar, SH. Para mentri, para Rektor, para kiyai dan lain menunggu Pak M.Natsir penuh haru.


M.Natsir.
Kegigihanmu..
Komitmenmu..
Wawasan agama dan politikmu..
Ketegaranmu..

Mengilhami kami2 generasi muda.


Jakarta, 2 april 2021.
Ahmad Darojul Ali/ ADA .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TIGA SYARAT TERKABULNYA DOA

24 Siswa MA YTP Kertosono diterima Berbagai PTN lndonesia Jalur SNBT, dan Jalur lainnya

Rukhsah Teologis dan Rukhsah Fiqhi