AKU INGIN JADI GURU

AKU INGIN JADI GURU

Murtadlo HS. 
(Pegiat Sastra Celebes)

Kala itu usiaku masih belia
Ibu guru mengungkap sebuah tanya
Apa gerangan cita-cita ananda
Bebarapa sahabat mengungkapkan pendapatnya
Ada yang ingin jadi tentara
Ada yang ingin jadi pengusaha kaya
Tak sedikit ingin jadi dokter
Dengan suara lantang ku katakan
Aku ingin jadi guru
Suasana seketika hening
Seakan mengundang tanya
Guru?....
Iya...kenapa harus guru?...
"Ananda sekalian, guru itu pekerjaan sangat mulia, guru membebaskan buta aksara, merubah kegelapan menjadi terang, membebaskan kejumudan menuju kemerdekaan".
Kata ibu guru membuyarkan keheningan..
Aku merasa tersanjung karena cita-citaku mendapatkan pengakuan

Kini...

Aku telah menjadi guru
Siap tidak siap harus jadi panutan, di gugu dan di tiru dari gerak gerik kehidupan, tutur kata dan perbuatan

Kini...

Aku telah menjadi guru
Terkadang terlintas sifat malasku
Secepat kilat ku balikkan pikiranku
Memgingat remang-remang wajah murid-muridku
Ada yang rela berjalan kaki berkilo-kilo, menjinjing tas sekolah, beralaskan sandal jepit, bercucur peluh
Ada yang bermotor, berbalap-balapan tanpa menghiraukan akan resiko kecelakaan
Dengan satu tekad segera berjumpa dengan guru, menimba ilmunya, mentranfer pengetahuannya
Sebagai bekal tuk menata masa depannya

Kini...

Aku telah jadi guru
Takkan ku biarkan
Merereka menungguku berlama-lama..
Ku yakin diantara mereka kelak akan ada calon-calon pemimpin umat
Pemimpin yang amanah
Pemimpin yang membawa maslahah

Kini...

Aku telah menjadi guru
Mengemban misi dan amanah
Memberantas buta aksara
Membelah kegelapan
Membebaskan dari kejumudan 
Memperbaiki perdaban

Kini....

Aku telah menjadi guru
Hanya kepada Robb Pencipta alam ku bersandar..
Memohon kekuatan..
Memohon kesabaran.
Dan memohon keridloan..
Aamiin..

Enrekang, 30 September 2020

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TIGA SYARAT TERKABULNYA DOA

24 Siswa MA YTP Kertosono diterima Berbagai PTN lndonesia Jalur SNBT, dan Jalur lainnya

Rukhsah Teologis dan Rukhsah Fiqhi