Menjaga Langkah Da'wah Berlanjut

Menjaga Langkah Da'wah Berlanjut

Oleh: Sudono Syueb
(Humas DDII Jatim)

Alhamdu lillah, kemarin siang Jum'at 22-1-2021 berkesempatan  mendengarkan khutbah di masjid Baitul Mahmud Griya Bhayangkara, Maskul, Sukodono, yang disampaikan oleh ust. Jihad Akbar bin Abdullah Mukti dengan tema Syukur atau Kufur.

Seperti pepatah: Buah jatuh tdk jauh dr pohonnya.
Orang tua mana yang tidak bahagia dan bersyukur kalau ada anak anaknya mengikuti jejaknya dalam dunia dakwah lslamiyah. 

Maka sampaikanlah  kabar gembira ini kepada ust. Abdullah Mukti, yang kini sedang opname di sebuah RS Swasta karena sakit bahwa anaknya yang bernama Jihad Akbar telah meneruskan perjuangannya dalam dunia dakwah lslamiyah. Siapa tahu kabar ini bisa menjadi obat mujarab bagi ust. Mukti atas izin Allah.

Ust. Abdullah Mukti adalah alumni ponpes YTP, Kertosono tahun 1976an. Sejak lulus Aliyah YTP, beliau sudah mandiri mencari nafkah menjadi KTU di SMAM 2 Kertosono dan berdakwah dari masjid ke masjid di sekitar kecamatan Kertosono. Tahun 1990an beliau pindah kerja di RS Siti Khodijah, Sepanjang, Sidoarjo, menjadi Sie Kerohanian sambil tetap berdakwah sampai sekarang.

*****

Dalam rangka menyambung tapak  tapak dakwah yang terjal, berkelok kelok dan terus mendaki ini, saya mencoba untuk menjadi juru jalan bagi mereka yang mau lewat,  "Assalamu'alaikum,
Ustadz Fulan, mau nanya, apakah besok Jumat 22/1 waktunya khutbah ustadz Abdullah Mukti di masjid Baitul Mahmud?
Kalau betul, ini  ust. Mukti sedang sakit, mau dibadali anaknya", kataku kepada takmir masjid Baitul Mahmud Griya Bhayangkara, Masangan Kulon, Sukodono.

Sebelum pertanyaan saya dijawab oleh ustadz Fulan, saya sampaikan juga pesan yang di sampaikan keluarga ust. Mukti kepada saya seperti berikut ini,
"Assalamualaikum.. Saya lfad anaknya bapak abdullah Mukti.. Apa betul besok jadwal khutbah jumat pak Mukti? Jika betul ini adik saya Jihad Akbar mau menggantikan jadwal pak Mukti besok.
 "Wa'alaikumussalam...
Saya tanyakan dulu ya dik pada takmir", jawab saya

Lalu ust. Jihad Bin Abdullah Mukti membalas,  Oh ngoten.. Nggeh pak
Maturnuwun pak.

Selang beberapa jam kemudian, saya hubungi ustadz Jihad, tadi skitar jam  09.30 sdh sy sampaikan ke grup takmir dik..
Apa pyan/tadz Mukti sdh dihubungi personil takmir?
Ust. Jihad Bin Abdullah Mukti menjawab, Belum ada info pak

"Baik dik, ini msh saya komunikasikan dengan takmirnya", kata saya.

Ust. Jihad pun menjawab,  Nggeh pak.. Kulo maturnuwun sanget

Akhirnya pada Kamis malam jam
20:26  saya dapat info dari takmir bahwa Jum'at besok memang betuk waktunya ust. Abdullah Mukti jadi Khotib di masjid Baitul Mahmud, lalu kabar itu saya sampaikan ke ust. Jihad, Betul dik, besok waktunya Abah...
Datang ya jam 11.15. Jam 11.35 mungkin naik mimbar...

Dan ust. Jihad pun menjawab, Nggih pak maturnuwun
Barusan saya sudah dicall takmirnya.

Dan Jum'at 22/1 kemarin saya sebagai saksi bahwa telah muncul lagi seorang da'i sebagai penerus jejak da'wah  lslamiyah abahnya yang telah menunjukkan kualitasnya sebagai da'i, semoga ke depan ust. Jihad Akbar bin Abdullah Mukti jadi da'i yang profesional dan kharismatik. In syaa Allah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TIGA SYARAT TERKABULNYA DOA

24 Siswa MA YTP Kertosono diterima Berbagai PTN lndonesia Jalur SNBT, dan Jalur lainnya

Rukhsah Teologis dan Rukhsah Fiqhi