Menuju YTP yang Adiluhung...

Menuju YTP yang Adiluhung...

Ust. A. Darojul Ali, MH. 
(Dosen UIC, Jakarta) 

Tema tulisan ini tidak dimaknai dalam dataran apa YTP sekarang dan telah bertahun - tahun, cukup membanggakan alumni YTP berkiprah dibeberapa sektor keumatan.

Kalau dibeberapa tulisan lain saya pernah mencitakan atau menajamkan bahasa terutama bahasa Arab dan inggris/dalam muhadasah.
Disini saya menyoroti pentingnya kurikulum tahsin Al Qur'an , meliputi tajwid , pengenalan lagu, dan kefasehan membaca Al Qur'an.

Hal ini penting mengingat beberapa dekade kurikulum ini kurang dapat perhatian YTP.

Kita bangga dengan kekuatan bacaan dan penguasaan kitab di YTP , tetapi sebagai pesantren yang hebat penguasaan tahsin adalah suatu niscaya.

Kalau kemapuan bahasa kurang, sangat aneh dan memalukan maaf alumni pesantren jadi Mentri agama tidak bisa bicara bahasa Arab.

Dan agak aneh alumni pesantren diminta jadi imam rowatib bacaannya kayak bukan alumni pesantren.

Setelah saya bicara dengan kiyai Sudarji beberapa bulan lalu, bila saya ditakdirkan banyak waktu di Kediri , saya berazam ingin masuk bidang tahsin ini bila diperkenankan.
Tidak berarti saya sangat menguasai  bidang ini , setidaknya dengan pengalaman sedikit barangkali bisa menambal wilayah kebutuhan umat.
Semoga.

Jakarta , 26 Maret .
ADA.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TIGA SYARAT TERKABULNYA DOA

24 Siswa MA YTP Kertosono diterima Berbagai PTN lndonesia Jalur SNBT, dan Jalur lainnya

Rukhsah Teologis dan Rukhsah Fiqhi