MENYINGKAP HIKMAH SHILATURRAHIM

 MENYINGKAP HIKMAH SHILATURRAHIM


DR. HN. Raihan

(Alumni YTP Kertosono)

Ada sebuah  penelitian yang dilakukan  oleh dua ahli  Epidemi penyakit, melihat gaya hidup dan kesehatan penduduk California AS. Dengan mengambil data survei 15.000 orang dewasa berusia antara 18-28.

Dalam penelitian yang diterbitkan British Journal of Psyichology, menyebutkan bahwa angka kematian tiga kali lebih tinggi daripada orang yang tertutup hidupnya, dibandingkan orang-orang yang rajin bersilaturrahim dan menjalin hubungan. Biaya kesehatan lebih rendah pada keluarga yang suka bersilaturrshim, dan keluarga yang seperti ini jauh lebih sehat dibandingkan keluarga-keluarga lain. Manusia usia lanjut (manula) bisa bertahan hidup lebih lama, karena mereka kerap bersilaturrahim dengan keluarga dan kerabat serta rajin hadir dalam pertemuan-pertemuan.

Selain itu, riset seorang sosiolog dari Hatvard university AS. Mark Granovetter pada tahun 1980, menyimpulkan bahwa mereka yang memiliki banyka teman rata-rata berusia 7 thn lebih lama. Secara umum hubungan persahabatan akan memberikan dampak yang positif bagi kehidupan manusia.

Manusia adalah mahluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa orang lain. Karena itu perbanyak teman  dan rawat hubuńgan dengan mereka. 

Penelitian ini menyimpulkan, orang tua lanjut usia (lansia) yang sering bersilaturrahim atau intersksi sosial  lebih panjang umur dibandingkan mereka yang lebih banyak sendirian, terisolasi secara sosisl.

Lalu bagaimana kaitan silaturrahim bisa meambah rizki..! Rizki mudah dicari selagi kita punya hubungan baik dengan sesama.

KarenA suka berbuat baik kepada orang lain, maka mereka pun akan berbuat baik kepada kita. Inilah yang seterusnya  berkembag menjadi trust, kepercayaan atau  amanah.

Bagaimana seseorang akan dipercayakan hartanya kapada kita untuk diurus dan dikelola kalau kita tidak mempercayai hubungan baik kepadanya.

Smg bermanfaat

Wallahu 'alam bish-showab.

Ahad 23 April 2023

Fi atas KAI Senin menuju LMG

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TIGA SYARAT TERKABULNYA DOA

24 Siswa MA YTP Kertosono diterima Berbagai PTN lndonesia Jalur SNBT, dan Jalur lainnya

Rukhsah Teologis dan Rukhsah Fiqhi